ulcsE-sjS4mu3lG7fM5FWpymjCs

Jumat, 15 Juli 2011

Sifat Mekanik Logam

Sifat mekanik logam merupakan sifat dasar yang dapat diubah dan dipengaruhi dari luar. Pengaruh ini biasanya berupa pemanasan pada waktu dan temperatur tertentu, sehingga struktur mikro logam tersebut berubah dan sifat mekaniknya turut berubah karena pemanasan.

Sifat mekanik pada logam dapat dikontrol dengan cara pemanasan atau disebut juga dengan Heat Treatment. Sifat logam antara lain :
  1. Kekerasan, yang merupakan ketahanan material terhadap deformasi plastis karena pembebanan setempat pada permukaan berupa goresan atau penekanan.
  2. Kekuatan, ditunjukkan dengan ketahanan material terhadap beban yang dikenakan padanya, sehingga terjadi perubahan bentuk atau ukuran. Jenis dari kekuatan di antaranya kekuatan tarik, kekuatan luluh dan kekuatan patah.
  3. Keuletan, merupakan kemampuan logam untuk terdeformasi. Bahan yang ulet biasanya mempunyai penyusutan penampang yang besar sebelum terjadi perpatahan.
  4. Deformasi sehingga patahnya suatu logam berlangsung dengan cepat tanpa diketahui arah rambatnya.
  5. Ketangguhan, ialah kemampuan suatu logam untuk mempertahankan bentuknya dengan cara menyerap energi yang mempengaruhinya sampai terjadinya perpatahan.

0 komentar:

Posting Komentar